Diantara Kisah, Hikmah dan Pesona alam sekitar kita

akibat rokokDikisahkan ada tiga orang sahabat yang punya hobby dan kesenangan yang berbeda. orang pertama senang sekali minum minuman keras, hari-harinya diisi hanya untuk minum minuman keras. orang kedua senangnya main perempuan dan selanjutnya orang ketiga bernama Nasrun, hobbynya adalah merokok, ibarat pepatah tiada waktu tanpa merokok.

Singkat cerita,  suatu hari ketiga orang sahabat tersebut sedang berburu di hutan. kemudian tanpa sengaja kaki orang pertama tersandung sebuah botol yang berbentuk aneh dan unik, karena penasaran orang pertama ini kemudian mengambil dan membuka tutupnya. Saat dibuka tiba-tiba saja ada suara yang menggema dan berbicara Hhhooo hoooo… suara yang keras dan menggema.

Ternyata suara itu berasal dari sosok Jin yang telah terperangkap dalam botol tersebut. Merasa berhutang budi telah dibebaskan Jin tersebut menghadiahi  masing-masing sebuah permintaan.

Terjadilah dialog antara tiga sekawan dan Jin tadi, karena orang pertama ini suka minum minuman keras maka permintaannya tidak lain adalah minuman.

orang pertama : “saya minta minuman yang terbaik diseluruh penjuru dunia..

Jin gundul : ” baik hamba kabulkan…

lalu dengan sekejap minuman terbaik di seluruh dunia terkumpul …

selanjutnya adalah orang kedua yang hidupnya hanya untuk bersenang senang dengan perempuan. maka diapun minta agar diberi perempuan perempuan cantik untuk menemaninya.
orang kedua: “saya minta perempuan perempuan tercantik untuk menemani saya.
Jin gundul : “baik hamba kabulkan…
maka dengan sekejap mata puluhan perempuan cantik dari seluruh dunia sudah ada didepannya.

lalu tibalah giliran Nasrun, nah karena hoby dan kesenangan Nasurn hanya merokok maka diapun minta agar didatangkan rokok rokok yang paling mahal kelas dunia. maka dengan sekejap mata telah terkumpul dan dimasukkan ke kamar Nasrun.

singkat cerita, Nasrun dan dua orang temannya sudah larut dalam kesenangan masing masing. Al hasil setelah lima bulan berlalau maka ingatlah Jin gundul tersebut kepada Nasrun dan dua temannya. kemudian dibukalah kamar satu persatu dengan maksud untuk menceritakan pengalaman masing masing.
Giliran orang pertama dibuka, alangkah terkejutnya jin gundul karena mendapati orang pertama sudah tidak mampu bangun karena perutnya sedemikian besar dan buncit namun badannya kurus tinggal kulit dan tulang, seperti busung lapar. hal ini karena berbulan bulan kerjanya hanya minum dan minum saja.

kemudian giliran orang kedua dibuka kamarnya, namun hasilnya sama dengan orang pertama lama tidak keluar dan tidak ada jawaban. dan alangkah terkejutnya jin gundul karena melihat tubuh orang kedua seperti mayat pucat pasi, badannya kering kerontang dan tidak mampu lagi berdiri dan hampir mati karena hari harinya dihabiskan untuk melayani nafsu puluhan perempuan tadi.

dan yang terakhir giliran kamar Nasrun, setelah dibuka tiba tiba terdegar suara dari dalam… Braakkkk<,,, gdubBrRRaaaakkkkaqqkqk<<<<,,,,, jin bego, jin oneng, jin guendeng,, sleketeb,,

kira kira apa yang terjadi…
Ternyata Jin Gundul telah dipukuli oleh Nasrun. lalu sambil kesakitan Jin gundul bertanya.
Ampun tuan kenapa tuan memukuli hamba,,,??? dengan muka marah karena rasa jengkel dan dongkol, Nasrun menjawab. “kamu telah mengunci aku dalam kamar selama berbulan bulan bersama dengan puluhan bungkus rokok itu,…
Jin Gundul :”lhooo,,, bukankah itu yang tuanku minta dan sudah hamba kabulkan???!!!
Nasrun : “iya betulll,, tapi kamu ngasih rokok TAPI nggak ada kOREKnya,, mana mungkin aku bisa menikmati rokoknya, dasar Jin Oneeeeeenngggggg,, guendeeenggggg

wkwkwkwkkwkw,,,
HIKMAHNYA Adalah yang selamat dan sehat adalah Nasrun, sebab tidak adanya korek justru menyelamatkan nyawanya sendiri. COBA anda bayangkan sendiri…

Somber termasuk dalam wilayah bagian utara kodya balikpapan. wilayah yg masuk dalam kelurahan Perumnas Balikpapan Utara ini mempunyai tempat yang bisa dijadikan sebagai pilihan atau obyek para pemancing.
tempatnya agak lumayan sepi tapi dulunya tempat ini merupakan Pelabuhan kapal Feri untuk penyeberangan dari Balikpapan ke  Penajam. Bekas atau eks dermaganya masih berdiri kokoh dan sekarang bisa dijadikan sebagai obyek pemancingan. kalau anda tertarik datang saja dan anda bisa langsung gabung dengan para pemancing lainnya. Tapi dengan syarat agar lebih berhati hati karena konon cerita masih banyak terdapat komunitas Crocodile yang berkeliaran di sana. sebab sungai ini merupakan muara yang langsung bertemu dengan teluk Balikpapan. mengenai kondisi alam disekitarnya masih terawat dengan baik, hutan bakau atau mangrove masih terlihat sangat lebat dan subur. penasaran.. datang dan rasakan sensasinya.

banyak spot yg bisa dipilih


sst.. ada yg dapat bandeng laut.

Salam mancing mania!!! untuk kawan-kawan yang hobby mancing, ada beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menghilangkan penat akibat pekerjaan yang menumpuk, nah bagi anda yang tinggal di balikpapan dan sekitarnya bisa langsung bergabung. jika pada hari-hari biasa tempat ini tidak terlalu ramai namun pada hari libur lumayan banyak yang meluangkan waktu sekedar untuk refreshing. dibawah ini beberapa tempat yang dapat anda kunjungi :

    1. Eks Pelabuhan feri Somber.
    Tempat ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Balikpapan, tepatnya di wilayah kecamatan Balikpapan utara. namun karena letaknya yang berada di aliran muara sungai, terkadang masih terlihat habitat buaya muara yang ukurannya tidak terlalu besar. selain masih lingkungan yang masih asri, hamparan hijaunya hutan bakau atau mangrove menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. jenis ikan yang ada disini antara lain mujahir, bandeng, kerapu, dll. bagi anda yang penasaran langsung saja datang dan rasakan sensasinya.
    2. Dermaga Polair (belakang kantor Dit Polair)
    Tidak begitu jauh dari destinasi sebelumnya masih di aliran sungai Somber tepatnya dibelakang kantor Dit Polair ada sebuah dermaga khusus kapal kapal Polisi yang asyik untuk memancing, namun karena milik instansi pemerintah prosedur berkunjung wajib di penuhi sebelum masuk ke area pemancingan. sesekali ada juga anggota polisi yang terlihat sedang membersihkan kapal dan asyik mancing disekitar dermaga. lebih asyik lagi jika diabadikan dengan kamera yang beresolusi tinggi. dengan background barisan kapal kapal patroli menambah keindahan yang tidak ditemukan ditempat lain.
    3. Pemancingan km 20 Balikpapan.
    Tidak banyak yang dapat dijadikan referensi ditempat ini, namun di pemancingan KM 20 terkenal dengan tempatnya yang nyaman dan banyak jenis ikan yang disediakan oleh pengelola tempat. layak dikunjungi bersama keluarga besar jika musim liburan tiba, dan yang pasti harus bayar.
    4. Belakang Ruko Bandar Klandasan.
    Tepatnya di area pusat kota Balikpapan terdapat deretan ruko ruko di jalan jend. sudirman, nah dibelakang ruko itulah terdapat pantai yang indah dengan deretan kafe kafe menambah semarak suasana di pagi dan sore hari. bila anda berniat mancing kesana jangan lupa membawa kamera yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen momen penting. dengan background jembatan dari kayu dan deretan kafe, pastinya nuansa eksotis tidak akan anda temukan di tempat lain. penasaran langsung kemon.
    5. Pelabuhan Semayang.
    Disekitaran Pelabuhan Semayang Balikpapan sering dijadikan untuk pilihan destinasi pemancingan, tempatnya yang luas dan sensasi tarikan ikan kerapu membuat para buruh pelabuhan dan karyawan lain sering terlihat mengisi waktu ditempat ini, tapi jangan lupa demi keselamatan anda harus menyiapkan life jacket.
    6. Sungai Manggar.
    Letaknya yang berada di luar kota memaksa anda harus menggunakan alat transportasi bila ingin kesana. perjalanan sekitar 20 km dari pusat kota balikpapan adalah sebuah tantangan tersendiri.  berada di wilayah kec. Balikpapan timur sungai Manggar memilik destinasi mancing yang dapat anda coba. merasakan sensasi mancing dari atas jembatan besar mungkin belum pernah anda lakukan. selamat mencoba.

Wis pirang-pirang jam njegidek nong isor kretek gak oleh oleh.. koyo’e iwa’e lagi podo poso kabeh…. Yo wis sabar wae cah.. mbok menowo ono sing lagi muka’ alias batal posone….

Sahabat..

Ingat kata MANCING..  saya kok jadi teringat saat masih kecil ya.. hidup didesa klutuk alias ndeso buanget, tapi rasane kok sueneng. apalagi kalo pas lagi musim banjir atau musim rendengan.. wuih senengnya.. ikan-ikan itu kayaknya kok pada keluar semua gitu. ada yang mancing di kali, ada yang nyuloh belut pada waktu malam, ada yang nggasang dikalen… wis poko’e asyik dehh…

padahal kalo dipikir-pikir, waktu musim kemarau sungai-sungai aja pada kering lho. tapi begitu datang musim hujan ikan-ikan itu tiba-tiba ada. kadang-kadang kita itu berpikiran bahwa ikan-ikan itu datangnya dari langit dan turun bersama hujan…

tapi ya udahlah wa Allahu a’lam, cuma Allah SWT saja yang tahu darimana datangnya ikan-ikan itu. yang penting waktu itu kita bisa mainan air dan mancing sama teman-teman.. wis poko’e uasyik banget sampai lupa rumah.

Ohya… ngomongin mancing, ada sesuatu yang unik. ada sebuah pertanyaan. Siapa yang pertama kali menemukan teori mancing dan siapa yang mancing pertama kali didunia ini dan ikan apa yang terpancing?? hayoo.. pasti belum tahu.. jawabannya tunggu episode selanjutnya. Oke??

BERSAMBUNG..

  • In: Tak Berkategori
  • Komentar Dimatikan

Saudaraku, Wahai hamba Allah, malam telah melewati setengahnya, siapa diantara kalian yang telah introspeksi diri dan insaf untuk melakukan ketaatan kepada Allah, siapa di antara kalian yang telah bangun di malam ini dengan memenuhi hak-haknya? Siapa diantara kalian yang berkeinginan untuk membangun ruangan di surga sebelum pintunya di tutup ? Ingatlah bahwa umur kalian semakin berkurang, berbekallah dengan amal perbuatan. Sepertinya kalian telah mengabaikan hal itu. Semua amal baik akan mendapatkan balasan dan imbalan yang pantas. Apabila malam kalian tetap seperti ini, tidur, ngobrol, gelak tawa, gaple, nonton bola dan perbuatan yang melalaikan lainnya, dari mana kalian akan mendapatkan imbalan dan balasan?

Saudaraku, berhentilah dan introspeksilah dirimu dengan jujur katakan kepada dirimu :Sampai kapan aku akan terus bicara dan tidak berbuat Berapa kali aku memiliki keinginan dan tidak pernah aku laksanakan. Betapa tercelanya kedua mataku, yang tidak berhenti dari kebodohan ini Betapa senang nafsuku, yang tidak mau menerima ketaatan. Berapa kali ia hanya memberi alasan,-celakalah dia- dengan mengatakan “seandainya””akan”, dan berapa kali engkau mengulurnya. Berapa kali ia hanya memiliki angan-angan yang tidak pernah punah lalu di lupakan, padahal kematian tidak pernah terlupakan, pasti akan datang. ( Al-Affani, Ruhban al-lail,II:471 )

Saudaraku, semoga Allah memberikan rahmat pada penyair yang mengatakan:Aduh, malam telah berlalu separohnya dan telah hilang. Kemenangan masuk surga akan diberikan khusus kepada orang yang mengabdi Orang yang lalai dan miskin akan mengeluh seperti aku ini, celakalah kau wahai yang selalu menyanjung hal haram Siapa yang tidak menanam pada waktu purnama Maka ia tidak akan terlihat menuai, kecuali hanya duka dan penyesalan. Bahagialah orang yang menjadikan takwa sebagai dagangannya pada waktu malam, dan selalu berpegang pada tali Allah.( Dari Bersujud Di Keheningan Malam, Muhammad Shalih Ali Abdillah Ishaq ) 

  • In: Tak Berkategori
  • Komentar Dimatikan

Sebuah paradigma baru mencoba diterapkan oleh berbagai lembaga dinegeri tercinta ini. dengan berbagai slogan dan visi misi yang terkadang membuat terharu sekaligus menggugah semangat 45.
kira2 paradigma apakah itu..
Membangun kepercayaan dan simpatik kepada rakyat. ujung2nya nggak tahu dechh..
yach semoga terwujud apa yan mereka gembar gemborkan.. rakyat rasanya sudah bosan dengan keadaan. selalu menjadi korban dan korban..
hari gini mikirin rakyat huh.. boro boro mikirin nasib sendiri aja susah…kata sebagian pejabat yang lupa mati..

wa allahu a’lam.. smoga negeri ini kelak menjadi negeri percontohan didunia. contoh yang terburuk skaligus contoh yang terbaik spanjang masa..
God luck para pejabatku..
smoga kalian bisa amanah dalam menjalankan profesi kalian. sebab kalian akan dimintakan pertanggung jawaban di akhirat. yang pada hari itu mulut kalian terkunci.
salam..

tanggalan

April 2014
S S R K J S M
« Apr    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

arsip

label

ekspresikan hidupmu..

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 9 pengikut lainnya.

fishing club

fishing tournament

Blog Stats

  • 350 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: